loading...

Cara membatik sederhana untuk pemula

loading...
Panduan membatik unuk pemula

Berkreasi Seni Rupa

pada postingan ini saya berbagi beberapa tips tentag beberapa kreasi seni rupa yang bias dicoba oleh teman teman yang senang berkreasi khususnya niiih….. artikel ini sangat cocok untuk rekan rekan yang berpropesi sebagai guru, karena setelah memahami langkah langkah yang di bahas pada artikel saya kali ini kemudian dicoba oleh teman teman guru nih, sebelum memberikannya kepada anak-anak di sekolah.

Dengan mencoba berbagai jenis kegiatan ini, temen guru akan menemukan keunikan, kekhasan, dan hal-hal yang perlu disampaikan dalam tuntutan berkarya. Sehingga kegiatan belajar mengajar di kelas teman teman menjadi lebih menggairahkan untuk anak, sehingga peroses belajar mengajar tersebut akan berjalan lancar dan menyenangkan, dan saya berharap dengan artikel ini guru tidak kerepotan mencari materi kegiatan meskipun tetap saja kreativitas guru dituntut lebih berkembang dalam melakukan strategi pembelajaran yang bersifat membangun kreativitas siswa.

Untuk membantu para guru dan calon guru menentukan dan memilih kegiatan seni rupa, berikut ini dijelaskan secara garis besar beberapa jenis kreasi senirupa yang bias diterapkan nanti di sekolah. Pertanyaannya,,,, apa artikel ini hanya cocok untuk guru saja? ….. tentuk tidak,  karena tulisan ini terbuka untuk kapanpun dan dimanapun yang tentunya  senang dengan kreasi kreasi unik, berikut adalah penjabarannya :

1. Membatik
Membatik adalah karya Seni rupa dua dimensi atau seni rupa dwimatra  yang mana dalam pengerjaannya membutuhkan kesabaran, keuletan, kreatif, dan ketelitian guna mencapai hasil yang memuaskan,  beberapa Bahan dan alat yang diperlukan untuk kegiatan senirupa membatik ini antara lain:
1.    Lilin
2.    Krayon
3.   Pewarna
4.   Kertas
5.   kuas sederhana
6.   catt air/pewarna
7.    koran bekas

naah …setelah mempersiapkan alat dan bahan bahan tersebut, selanjutnya kita mulai proaea pengerjaannya:
Pertama : buatlah kuas sederhana dari kapas dengan lidi atau tusuk sate sebagai tangkainya. Kuas itu dibuat dengan cara melilitkan sejumlah kapas pada salah satu ujung lidi atau tusuk sate, besarnya kurang lebih sebesar ibu jari orang dewasa. Supaya tidak lepas, ujung lilitan kapas diikat dengan tali atau benang, untuk persediaan aau cadangan buatlah kuas lebih dari satu buah kuas., lebih banyak lebih baik.


Kedua : siapkan cat atau pewarna.
Adapun jenis Cat atau Pewarna yang dapat digunakan pada kegiatan membatik sederhana ini ada yang tergolong pada pewarna buatan dan pewarna alam. Yang termasuk pewarna buatan di antaranya: cat air, ontan/sepuhan (berbentuk serbuk), pewarna kue cair. Sedangkan Kunyit, daun suji, buah ganola, gambir adalah sebagian dari bahan pewarna alam.
Bila sudah ditentukan pewarna mana yang akan digunakan,buatlah larutan nya pada tempat pewarna yang sudah disediakan. Usahakan larutan pewarna tersebut tidak terlalu encer. Siapkan beberapa macam warna, hal ini akan diperlukan bila akan membuat gambar yang memiliki banyak warna atau membuat campuran warna.

Ketiga : Setelah persiapan tersebut selesai dikerjakan, selanjutnya kita buat gambar dengan lilin di atas kertas yang sudah disediakan.
Hasil gambar untuk cara kreasi batik

Kertas yang digunakan diantaranya: kertas gambar, kertas hvs, stensil. Tentu saja gambar tidak akan kelihatan.

Ke empat :Memunculkan gambar.
Letakkan kertas yang sudah digambari di atas kertas koran. Pulaslah kertas tersebut dengan kuas sederhana yang terlebih dahulu dicelupkan pada larutan pewarna. Pemulasan dapat hanya dengan satu warna, bisa pula beberapa warna bergantung pada pilihan. Bila pada saat menggambar menggunakan lilin penerangan yang berwarna putih, maka garis-garis gambar akan berwarna putih. Apabila dikehendaki garis-garis gambar berwarna, pada saat menggambari kertas harus menggunakan krayon berwarna.


0 Response to "Cara membatik sederhana untuk pemula"